thumb lomba hut ri 03Ada banyak cara untuk memperingati hari kemerdekaan RI, salah satunya lewat penyelenggaraan kegiatan lomba-lomba. Kegiatan lomba pun sangat beragam, mulai dari lomba makan kerupuk, lomba balap karung, lomba panjat pinang, lomba cerdas cermat, fashion show, hingga pertandingan olahraga antar warga.

Tak hanya di instansi pendidikan, instansi pemerintah, dan swasta, Perpustakaan Pelangi Pusdakota Universitas Surabaya turut menyelenggarakan kegiatan lomba-lomba.

Untuk perayaan tahun ini, dipilih Lomba Permainan Tradisional yang terdiri dari lomba Bakiak, lomba Gobak Sodor, dan lomba membawa kelereng dalam sendok. Diadakan pula lomba baca puisi dan cerdas cermat bertema kemerdekaan. Seluruh rangkaian lomba-lomba ini diperuntukkan bagi anak-anak usia 6 – 12 tahun, baik mereka yang tergabung dalam sanggar anak Pusdakota, anggota KANCIL Perpustakaan Pelangi, atau anak-anak sekitar wilayah Rungkut Lor.

thumb lomba hut ri 02Keceriaan khas anak-anak tentu mewarnai seluruh kegiatan lomba-lomba ini, bagi mereka kalah menang bukan hal yang utama. Bisa bermain dan berkumpul bersama teman sebaya adalah hal yang lebih disukai anak-anak. Kebahagiaan semakin bertambah, saat ayah atau ibu turut mendampingi mereka.

Tak sekedar perayaan kemerdekaan RI tentunya, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri anak, terutama kecintaan pada budaya dan sejarah bangsa. Lewat kegiatan Lomba Cerdas Cermat dan Baca Puisi yang bertema Kemerdekaan, anak diharapkan menggali informasi dari berbagai koleksi buku sejarah kemerdekaan RI. Entah dari sumber buku-buku milik mereka sendiri maupun milik Perpustakaan Pelangi, minat dan kecintaan mereka terhadap buku pun terus tumbuh. Dan pada akhirnya mereka akan bangga menjadi anak Indonesia. Selamat menyambut Hari Kemerdekaan RI yang ke-71. Merdeka!