pelatihan gki jul16 thumb“Kak, kenapa mienya jadi berdarah ya?”, tanya Gerry, salah satu peserta pendidikan lingkungan perwakilan dari GKI Mojokerto. Gerry dan teman-temannya sedang mencermati bagaimana cara melakukan tes sederhana terhadap makanan yang mengandung borax. Gery dan 53 anak lain memang sedang mengikuti kegiatan pendidikan lingkungan di Pusdakota Universitas Surabaya. Mereka adalah perwakilan dari anak-anak sekolah minggu di Gereja Kristen Indonesia (GKI) yang datang dari berbagai wilayah di Jawa Timur. Ada yang dari GKI Mojokerto, GKI Surabaya, GKI Sidoarjo, GKI Malang dan GKI Madiun.

Acara yang diadakan pada hari Minggu, 5 Juni 2016 ini, adalah salah satu rangkaian dari acara peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni. Tahun ini, GKI mengambil tema Merawat Lingkungan Membuatku lebih sehat. Dengan mengikuti kegiatan ini, anak-anak tidak hanya menjadi tahu tentang lingkungan, namun semakin sadar bahwa kondisi lingkungan memiliki pengaruh langsung terhadap kualitas kesehatan manusia. Oleh karena itu, proses pembelajaran diberikan secara komprehensif. Anak-anak tidak hanya terampil untuk melakukan perawatan lingkungan, mereka juga diajak berdiskusi tentang bagaimana kerusakan alam bisa terjadi. Sebagai contoh, bagaimana pemanasan global dan tindakan apa yang seharusnya dilakukan untuk pencegahannya. Begitupula dengan memilih jajanan atau panganan ringan, tidak hanya lezat, mereka juga harus mengerti bahwa makanan tersebut sehat. Seluruh pembelajaran tersebut dikemas dengan metode yang rekreatif, dengan simulasi langsung dan permainan-permainan yang mencairkan suasana.

Di akhir acara, anak-anak menyampaikan kesan dan pesan mereka terhadap kegiatan ini. Mereka yang masih duduk di bangku SD dan SMP ini, merasa sangat puas dengan kegiatan ini. Tak terasa hampir 5 jam mereka belajar bersama, tak hanya pengetahuan yang di dapat, tapi mereka juga mendapat kawan-kawan baru. Anak-anak juga berjanji untuk melakukan apa yang telah mereka pelajari di dalam kehidupan keseharian mereka. “Nanti di gereja kita tanam pohon yang banyak Kak !” celetuk Angel perwakilan dari GKI Mojokerto. Semoga Angel, Gerry dan anak-anak yang lain mulai berperilaku ramah terhadap lingkungan dan juga menjadi teladan bagi anak-anak yang lain. Selamat Hari Bumi!