kancil kbs thumbSuasana masih terasa agak lengang, ketika rombongan anak KANCIL (Pustakawan Cilik) Perpustakaan Pelangi Pusdakota tiba di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Matahari pagi masih belum bersinar terik, begitupula udara masih terasa sejuk. Kebun binatang yang ditumbuhi dengan aneka pepohonan serta dihuni beraneka ragam satwa ini mampu memberikan suasana yang segar bagi pengujungnya. Itulah mengapa tempat ini masih dijadikan salah satu destinasi wisata di Kota Surabaya.

Hari itu, Minggu 5 Juni 2016, sebanyak 9 anak KANCIL mengikuti kegiatan Wisata Pustaka yang berlokasi di Kebun Binatang Surabaya. Di tempat ini, anak-anak tidak sekedar berwisata tentunya. Mereka juga melakukan pembelajaran seputar pengelolaan KBS dan kehidupan satwa di dalamnya. Melalui kelompok masing-masing, mereka bekerjasama untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh kakak pendamping. Dengan antusias mereka berkeliling KBS untuk menemukan jawab bagi setiap pertanyaan yang diberikan kepada mereka, sesekali mereka akan bertanya kepada petugas KBS ketika tidak menemukan jawaban pada papan-papan informasi yang tersedia.

Meski ini bukan kunjungan pertama mereka ke KBS, anak-anak tetap antusias. Jika dibandingkan dengan sebelumnya, kondisi KBS saat ini terlihat lebih tertata dan bersih. Dibeberapa titik petugas kebersihan tampak sigap dengan tugas mereka. Pembenahan bangunan juga telah dilakukan, salah satunya gedung aquarium yang biasa menyuguhkan aneka reptile dan ikan, kini dalam proses renovasi. Dibeberapa titik KBS telah pula dilengkapi dengan peta lokasi sehingga pengunjung dengan mudah dapat mengetahui posisi mereka berada atau dimana lokasi yang ingin mereka kunjungi berikutnya.

kancil kbs jun16 01 thumb kancil kbs jun16 02 thumb kancil kbs jun16 05 thumb

Jika saat mengerjakan tugas mereka berpencar, setelah selesai mencocokkan jawaban dengan yang dimiliki kakak pendamping, anak-anak melakukan kegiatan bersama-sama. Khas kanak-kanak, mereka tentu ingin bermain sepuasnya. Bersama-sama mereka melakukan beberapa permainan sebelum akhirnya lelah dan berhenti untuk makan siang bersama. Setelah makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan berkeliling KBS, termasuk menaiki bangunan menara pandang. Meski lelah, anak-anak merasa takjub karena dapat melihat keindahan KBS. Saat memandang ke seliling bangunan, tampak hijau pehononan. Di kejauhan terlihat gedung-gedung bertingkat berdiri kokoh, mengitari KBS.

Akhirnya, begitulah mereka mengisi kegiatan Wisata Pustaka dengan berwisata dan belajar di KBS, dan tentunya mereka juga tidak lupa untuk menuliskan seluruh pengalaman tersebut dalam buku jurnal mereka. Setibanya di Pusdakota, mereka langsung menuju perpustakaan untuk mendokumentasikan pengalaman mereka. Dan, bagi anak-anak yang tulisannya terbaik tentu ada apresiasi buat mereka. Nah, siapa yang mau dapat hadiah? Ayo bergabung dengan KANCIL!